5 Hal yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Mahasiswa Keperawatan

Sudah pernah lihat mahasiswa keperawatan kan? Kalau pernah menginjakkan kaki di rumah sakit, entah sebagai pasien atau menjenguk yang lagi sakit pasti pernah ketemu mahasiswa keperawatan. Secara mereka memang menghabiskan banyak waktu di rumah sakit untuk menyelesaikan pendidikan mereka.

Namun, pernah tidak kamu memperhatikan hal-hal unik dari mereka? Mungkin tidak, palingan mereka cuma berlalu begitu saja tanpa kamu perhatikan dengan baik. Perawat adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, membuat profesi yang mulia. Berhubungan dengan orang sakit, tentu beda saat berhadapan dengan orang yang sehat-sehat saja. Belum lagi proses pendidikan mereka yang beda dengan jurusan lainnya.

Hal ini membuat mahasiswa keperawatan ditempa secara tidak langsung sehingga menghasilkan pribadi yang unik, berikut adalah hal-hal yang dimiliki oleh mahasiswa keperawatan atau bisa dibilang mahasiswa perawat harus punya beberapa sifat ini

1. Bersih, rapi dan menawan

Hal pertama yang membuat mahasiswa perawat harus tampil bersih, rapi dan menawan adalah karena seragam mereka. Pasti langsung terbayangkan seorang perawat memakai seragam baju putih dan celana/rok putih. Kebayang dong ketika masih SMA repotnya mengurusi baju putih dari hari senin sampai kamis, mahasiswa keperawatan harus menjaga bukan hanya bajunya yang putih tapi juga celana/roknya yang putih. Bukan hanya dipakai di hari senin-kamis, tapi dipakai sepanjang minggu.

Memakai seragam putih-putih berarti harus ekstra hati-hati, mau duduk tidak boleh sembarangan kalau tidak mau ada bekas di belakang celana, lagi makan juga harus ekstra hati-hati, takutnya ada noda nempel di baju terutama jika menyantap makanan berkuah, mau bersandar harus pastikan dulu apakah pundak yang akan dijadikan sandaran belum ada yang punya. Nah loh?

Hal kedua yang mengharuskan mahasiswa perawat cinta kebersihan, karena dalam keperawatan salah satu sorotan dalam penyebab penyakit adalah personal hygienePersonal Hygiene berarti kebersihan diri sendiri, tidak cocok rasanya jika mahasiswa keperawatan memberikan penyuluhan kebersihan diri sementara dia sendiri tidak bersih.

Baju putih bersih dari noda, kebersihan diri sendiri terjaga dengan baikn adalah gambaran umum seseorang yang rapi. Jika sudah begini, tidak salah jika mengatakan mahasiswa keperawatan itu MENAWAN.

Mahasiswa Keperawatan

Mahasiswa Keperawatan

2. Kuat begadang

Bukan cuman hansip kompleks yang kuat begadang, perawat juga terlatih untuk begadang sepanjang malam. Mereka terlatih meski tidak dilatih, mereka terbiasa menahan kantuk meski terkantuk-kantuk. Dalam proses pendidikan mahasiswa keperawatan banyak menghabiskan waktu di rumah sakit, proses praktek di rumah sakit ini sistemnya shift atau pembagian waktu kerja.

Dalam hitungan satu minggu mereka mendapat giliran jaga malam (dari jam 21.00 – 08.00) sebanyak dua kali. Rentang waktu jaga malam itu mereka tetap memperhatikan pasien, kebutuhan pasien, memberikan obat, pengecekan rutin atau malah bisa kedatangan pasien baru. intinya Pokoknya sepanjang malam mereka terjaga hanya untuk kepentingan pasien (ada juga yang cuma main HP sih).

Makanya, jangan heran kalau ketemu mahasiswa keperawatan ada yang seperti mayat hidup. Kantung mata kendur, mata panda, muka usang. Itu karena mereka begadang untuk orang lain.

*Mengalun lagu Begadang Rhoma Irama

Begadang oleh Bang Aji

Begadang oleh Bang Aji

3. Seharusnya Punya Tulisan Tangan yang Indah

Tahukah kamu, di era perkembangan tekhnologi yang begitu pesat mahasiswa keperawatan masih membuat laporan dengan tulis tangan? Setiap kali mereka bertugas di rumah sakit, bukan hanya untuk memberikan perawatan kepada pasien. Mereka juga punya kewajiban membuat laporan terhadap satu pasien tiap minggunya. Kalau dinasnya selama 10 minggu, berarti harus membuat sebanyak 10 laporan.

Laporan yang mereka buat bukan sekedar identitas dari pasien tapi semua hal yang menyangkut keadaan pasien saat itu, mahasiswa perawat menyebutnya ASUHAN KEPERAWATAN atau biasa disingkat ASKEP.

Kalau kamu punya pacar mahasiswa keperawatan siap-siaplah diduakan dengan askep, atau kalau tidak siap-siaplah menggantikannya menulis. Satu askep biasanya berkisar 15-20 lembar. Dari kebiasaan itu seharusnya mahasiswa keperawatan punya tulisan tangan yang indah karena terbiasa menulis tangan.

Lagi menulis askep

Lagi menulis askep

4. Penuh perhatian

Tugas utama perawat adalah care, care dalam pengertian berarti merawat, peduli atau perhatian. Beda dengan dokter yang memberikan obat kepada pasien, perawat justru memperhatikan hal-hal kecil yang dirasakan pasien.

Jangan heran kalau ada perawat yang menanyakan “Tidurnya nyenyak semalam?”, “Makanannya enak?”, “Posisi baringnya nyaman?”. Mungkin terdengar sepele sekali, tapi jangan salah pertanyaan-pertanyaan seperti itu memiliki efek psikologis sekaligus memperhatikan kondisi pasien untuk perawatan selanjutnya.

Dituntut untuk memperhatikan hal-hal kecil, membuat mahasiswa perawat secara tidak sengaja menjadi orang yang penuh perhatian dalam kehidupan sehari-hari. Perawat mungkin bukan calon menantu terbaik tapi sudah tentu yang paling care.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang care perawat, bisa baca di sini.

Perawat itu paling care

Perawat itu paling care

5. Tahan banting

Sebuah alkisah, seorang mahasiswa keperawatan lepas jaga malam ketemu dengan pembimbing. Askep yang telah disusun kemudian disodorkan untuk dinilai, tak disangka pembimbing memberikan banyak sekali catatan dan coretan di setiap lembaran askep. Tenaga belum juga terkumpul baik, eh laporan malah dikoreksi abis-abisan. Siangnya mahasiswa perawat ini harus mengambil jaga siang, saat jaga dapat marah dari keluarga pasien, dimaki dengan segala bahasa yang tak pantas di dengarkan anak di bawah umur. Efek begadang masih ada, laporan penuh koreksi, dimaki-maki keluarga pasien dan mahasiswa perawat ini hanya membalas dengan senyum 😉

*cerita di atas adalah fiktif belaka, jika ada kesamaan peristiwa berarti ini nyata.

Yah, mahasiswa keperawatan itu tahan banting, mereka bukan barang pecah belah yang gampang rusak saat dibanting. Mereka memang manusia biasa, hatinya bukanlah hati yang terbuat dari besi dan baja, hatinya bisa remuk dan hancur. Meski dengan keterbatasan sebagai manusia biasa, mereka mampu paling tidak tetap berdiri menghadapi semua rintangan. Dengan alasan itu bisa dibilang mahasiswa keperawatan calon sempurna untuk pendamping hidupmu.

HIDUP MAHASISWA KEPERAWATAN!!!

Kira-kira masih ada yang khas dari mahasiswa keperawatan? Tambahkan di kolom komentar.

 

21 comments on “5 Hal yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Mahasiswa Keperawatan”

  1. jumiati mansyur says:

    Kurang perawatan diri karna terlalu sibuk dinas dan askep
    : ‘(

    1. ardianadw says:

      Awas malah jadi defisit perawatan diri gara2 askep

  2. narti says:

    Disiplin.tidak boleh telat dinas,,nanti ditambah jam dinasnya atau dialpa suru ganti 2 hari 😀

  3. sunarti says:

    Disiplin,,tdk boleh telat nanti disuruh ganti 2 hari atau tambah jam dinas

  4. masriman says:

    Buat pasangan cowok yg sayang sama pasanganx yg maumulai/selesai dinas malam yaolah lekas antar pasanganmu 🙂

    1. ardianadw says:

      siap-siap jadi ojek khusus

  5. Visca Jacobus says:

    yup selain prakteknya yg super sulit dan menguras tenaga,juga harus menyanyi indah di depan dosen buat responsuf askep yg udah capek2 dibikin tpi msh ttp di lukis indah pke pulpen dosen,mata kuliah yg materix menguras otak,ujian praktek lab yg bagaikan menunggu putusan dri MK,plus tanggung jawab atas segala tindakan yg dibuat.hal2 ini yg buat saua bangga jdi Mahasiswa Keperawatan karena dibalik beratx tugas tpi merasa senang terbayarkan dengan melihat senyum dan ucapan trima kasih dari para pasien dan keluarga.God Bless Perawat….

    1. ardianadw says:

      ucapan terima kasih dan senyum pasien sungguh menghilangkan perasaan capek

  6. iPul Gassing says:

    Ndak na-approve ki komenku tadi
    Ish..

  7. brajakson says:

    Ini tulisanta Brother banyak dishare mahasiswaku.. Eh lihat kembali wordpressnya ternyata si dosen Nani.. 🙂

    1. ardianadw says:

      Kalau dosennya UMi share ki juga, pasti lebih ramai lagi brother :p

    2. ardianadw says:

      Kalau dosennya UMI ijut share, pasti lebih rame lagi :))

  8. ardianadw says:

    Mungkin senyumnya habis setelah jaga malam kak 🙂

  9. biasanya kalau perawat cowok mudah dpt pacar cantik,,,

  10. lelakibugis says:

    ada teman perawat cantik gak, ners..
    lagi cari calon istri nih

    1. Ardian says:

      Ada, banyak! Silahkan lanjutkan PDKT

  11. ipulgassing says:

    Ada perawat cowok yang cakep pak? #eh

Leave a Reply

%d bloggers like this: