5 Tips Hari Pertama Dinas di Rumah Sakit Untuk Mahasiswa Keperawatan

Selalu ada yang pertama untuk setiap hal, termasuk hari pertama pertama dinas. Bagi kalian yang berprofesi perawat ataupun mahasiswa perawat, tentu sering mengalami hal ini. Ada yang mengatakan kesan pertama itu harus mengesankan dan meninggalkan bekas yang baik,  karena akan menjadi penilaian pertama. Semakin baik kesan yang kamu tinggalkan, semakin lancar dinas akan berlangsung.

Ini ada lima hal yang bisa kamu lakukan supaya bisa meninggalkan kesan yang baik.

JANGAN TERLAMBAT

Apapun alasannya jangan sampai datang terlambat, apalagi di hari pertama. Terlambat akan meninggalkan kesan yang tidak baik untuk dirimu sendiri, kamu akan ditandai sebagai orang yang tidak disiplin. Kepala ruangan akan meminta perawat-perawat disana untuk mengawasi mu lebih ketat, karena secara tidak langsung kamu akan di cap sebagai tukang terlambat. Bisa diakali dengan tidur lebih awal atau minimal mengatur jam alarm di jam-jam tertentu agar bisa bangun lebih awal.

Kalau punya orang pacar, bisa minta pacar kamu bangunkan lebih awal. Itu jika pacar kamu juga bisa bangun pagi, kalau pacar kamu tidak bisa bangun pagi ganti saja dengan yang lain. Bagi yang tidak punya pacar, yah cari dulu. Bisa juga kan minta sama teman yang lebih rajin bangun di awal pagi.

Malu Datang Terlambat

Malu Datang Terlambat

BHSP

BHSP atau Bina Hubungan Saling Percaya,  biasanya digunakan untuk melakukan pengkajian kepada pasien, tapi tidak ada salahnya teknik ini kita pakai untuk mendapatkan kepercayaan perawat-perawat senior. Hubungan yang berlandaskan kepercayaan akan membangun koordinasi yang baik sesama perawat dengan mahasiswa, tapi jangan juga jadi penjilat karena justru bisa menjatuhkan kredibiltas kamu.

Kalau sudah mendapatkan kepercayaan, perawat juga tidak akan ragu untuk membimbing kamu saat  saat melakukan tindakan keperawatan. Jangan lupa BHSP sesama mahasiswa praktek yang kebetulan dinas di rumah sakit tersebut, kan lumayan kalau ada yang kasusnya sama, bisa diskusi, atau paling tidak minta contekan Laporan. (hayo ngaku, pasti sering melakukannya)

Kepercayaan

Kepercayaan

 

IKUTI ATURAN MAIN

Pekerjaan perawat beda dengan kerjaan lain pada umunya, di rumah sakit nantinya kamu bisa pegang prinsip, “mending tidak tahu, daripada sok tahu”. Jangan juga jadi mahasiswa yang pasif,  tapi jangan karena ingin mengesankan kakak perawat atau gebetan mahasiswa kampus lain kamu berani ambil tindakan yang kamu sendiri tidak kuasai.

Baguslah kalau berhasil, tapi bakalan malu sekali kalau salah. Apalagi kalau sampai pasiennya menderita karena tindakan kamu, jadi apa yang harus dilakukan? kalau ternyata kamu belum tahu tindakannya tapi ingin sekali melakukannya, minta bimbingan dari perawa di ruangan.
Oh iya, terkait aturan main masing-masing tingkatan ada kapasitas dalam mengambil tindakan, kalau masih observasi (biasanya di tingkat 1) jangan langsung berani ambil tindakan mandiri. Tapi kembali lagi KECUALI ditemani dan dibimbing oleh perawat senior. Sekali lagi pelaksanaan prekatek “MENDING TIDAK TAHU DARIPADA SOK TAHU”

Know The Rules

Know The Rules

KENALI LINGKUNGAN KERJA 

Kenapa harus mengenali lingkungan kerja? Hal ini penting sekali, terutama bagi kalian mahasiswa perawatTiap rumah sakit memiliki banyak ruangan dan bangunan yang terpisah-pisah, kenali tempat-tempat yang ada di rumah sakit. Akan terkesan tidak cekatan jika kamu diminta mendatangi pasien di ruangan tertentu, ternyata kesasar ke ruangan lain. Terutama kertika diminta mengantar pasien ke ruangan lain, seperti ruang pemeriksaan rontgen, ruang operasi, laboratorium, sebenarnya bisa saja kalian bertanya kepada perawat yang ada, tapi akan lebih kelihatan cekatan, jika kalian sudah menghapalkan ruangan-ruangan yang ada di rumah sakit tersebut. Hal ini tidak akan susah dilakukan, anatomi tubuh manusia saja kan dihapal letak-letaknya. Jadi penting sekali mendengarkan (biasanya) kepala ruangan saat kalian orientasi ruangan.

Tersesat

Tersesat

BELAJAR DARI PENGALAMAN

Tips terakhir, supaya tidak mati kutu nantinya. Cobalah bertanya ke kakak senior kalian yang sudah ada pengalaman praktek, terutama senior yang praktek di rumah sakit yang kalian tempati nanti. Paling tidak senior kalian bisa memberikan gambaran bagaimana kondisi di rumah sakit itu, termasuk memberikan gambaran-gambaran bagaimana watak perawat-perawat disana.  Bisa juga minta tips juga bagaimana menghadapi mereka, coba deh cerita – cerita saja sama seniornya, okey!

Pengalaman

Pengalaman

Terlepas dari 5 tips di atas, kalian pasti ada cara-cara khusus untuk menghadapi hari pertama praktek. kalian juga lebih tahu mana yang cocok untuk diri kalian sendiri. Finally, selamat menjalani praktek klinik, jaga nama baik alamamater yah!

 

One comment on “5 Tips Hari Pertama Dinas di Rumah Sakit Untuk Mahasiswa Keperawatan”

Leave a Reply

%d bloggers like this: