5 Istilah Medis yang Biasa Digunakan pada Percakapan Sehari-hari

Kuliah pada jurusan kesehatan seperti Kedokteran, keperawatan, kebidanan dan lain-lain, tentu setiap hari bergelut dengan istilah-istilah yang tidak familiar. Keseringan mendapatkan istilah-istilah asing membuat percakapan antara mahasiswa kesehatan, terkadang disisipi istilah-istilah asing. Hanya mereka yang mengerti, terutama jika berada di tengah keramaian. Entah itu untuk menyembunyikan maksud sebenarnya atau sekadar bercanda sesama teman.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa istilah kesehatan dalam percakapan sehari-hari, beberapa istilah kesehatan memang sangat dekat bahkan setiap hari dilakukan. Dengan mengetahui istilah ini, mungkin kamu bisa bercerita sesuatu yang agak memalukan tanpa diketahui orang lain. Ataupun menggunakannya sebagai candaan sesama teman, bercanda tapi kelihatan cerdas.

Berikut lima istilah kesehatan yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari.

  1. Fraktur Hepar

Kata seorang pujangga dunia ini hampa tanpa cinta, kata seorang yang patah hati dunia ini gelap karena cinta. Pernahkah kamu merasakan patah hati? Kalau belum dan sementara menjalani hubungan, siap-siaplah! Karena katanya cinta itu selalu berkarib dengan patah hati.

Ketika lagi patah hati dan pengen curhat dengan teman, kamu bisa menggunakan istilah lain tanpa menyebutkan patah hati. “mau curhat nih, saya lagi fraktur hepar”, fraktur hepar bisa kamu gunakan untuk menggantkan patah hati. Mungkin juga sudah pernah kamu temui di status seorang teman yang menuliskan frkatur hepar.

Dalam dunia kesehatan fraktur itu berarti patah, sedangkan hepar merujuk kepada hati. Jika digabungkan menjadi fraktur hepar itu berarti patah hati. Dalam dunia kesehatan sebenarnya tidak ada kasus fraktur hepar, fraktur selalu merujuk kepada patahnya tulang sedangkan hati tidak bisa patah, adapun masalah pada hati yang paling sering adalah peradangan hati yang sering kita kenal dengan hepatitis.

Meski tidak ada dalam kehidupan nyata, fraktur hepar bisalah kita gunakan untuk mewakili perasaan tak karuan karena patah hati. Sudahkah kamu fraktur hepar hari ini? Loh!

  1. Flatus

Pernah sekali saya menggunakan kata flatus di momen yang tepat. Kala itu saya menaiki angkutan umum bersama seorang teman, di atas angkutan umum hanya ada seorang perempuan yang lumayan cantik. Saya duduk di smaping perempuan itu, teman saya duduk di samping saya. Tiba-tiba indera penciuman saya menangkap bau tak sedap, langsung pandangan saya alihkan ke teman seperti menuduh. Sambil menggelengkan kepala teman saya menutup hidung, “dia yang flatus” kataku sambil menunjuk ke arah perempuan itu. Kami tertawa kecil sambil mengipas-ngipas udara mencoba menjauhkan bau tak sedap tadi.

Sudah tahu arti flatus? Flatus merupakan keluarnya gas dalam saluran cerna melalui anus yang bersumber dari udara yang tertelan atau hasil produksi dari bakteri. Singkatnya flatus itu kentut, hal yang bagi sebagian orang memalukan jika terjadi di keramaian apalagi jika kecolongan.

Nah, kamu menggunakan kata flatus dalam percakapan sehari-hari. Entah itu kamu yang flatus atau ada orang lain di dekat kamu yang flatus.

  1. Miksi

Miksi adalah seorang pesepakbola andalan tim FC Barcelona, Lionel Miksi. Yah garing. Selain rindu, miksi adalah sebuah perasaan yang sangat menyiksa dan tidak tertahankan. Miksi adalah proses pengosongan kandung kemih bila kandung kemih terisi, apa yang kamu lakukan jika kandung kemih kamu penuh? Tentu saja dengan pipis, kencing, buang air kecil, ke belakang atau miksi. Yah miksi berarti buang air kecil, sesuatu hal yang kita lakukan tiap hari. Jika dalam sehari kamu tidak miksi berarti ada sesuatu yang salah dengan tubuh kamu, maka sudahkah kamu miksi hari ini?.

  1. Defekasi

Defekasi sendiri adalah teman baiknya miksi, kalau kamu defekasi pasti dibarengi dengan miksi. Defekasi juga sama halnya rindu, menyiksa jika ditahan bahkan bisa membahayakan jika tidak dipenuhi. Kalau miksi tadi adalah buang air kecil, defekasi yang versi besar atau sering dibilang buang air besar.

Kamu bisa menggunakan kata defekasi atau bisa disingkat defek untuk memperhalus kata-kata lainnya seperti berak, boker, terutama jika kamu berada di tempat makan. Namun saran saya defekasi lah pada tempatnya, jangan lupa di siram!

  1. Coitus

Coitus berarti senggama, berhubungan badan antara seorang pria dan wanita. Tidak bisa disebut coitus jika dilakukan sesama jenis, karena dalam dunia kesehatan coitus adalah penetrasi penis ke dalam vagina. Mungkin ada yang beranggapan loh kok istilah ini dijelaskan juga, saya rasa penting untuk diketahui sebagai pengetahuan. Lagian informasi ini bisa didapatkan bebas di internet. Tahukah kamu ada juga yang namanya coitus interuptus?

Coitus interuptus digunakan oleh suami-istri sebagai pengganti KB (Keluarga Berencana), sering juga diistilahkan senggama terputus.

Sebagai pesan moral, haram hukumnya jika coitus dilakukan bukan bersama pasangan yang sah! Jadi kalau ada lawan jenis yang ngomong-ngomong coitus ke kamu dan bukan pasanganmu yang sah, mulailah waspada, sudah tahu kan artinya?

 

Kira-kira ada lagi istilah kesehatan yang kamu ketahui? Tambahkan di kolom komentar yah.

 

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: