5 Penyakit Ini Hanya Bisa Diderita Oleh Laki-Laki

Seperti halnya perbedaan fisik wanita dan laki-laki, penyakit yang diderita pun berbeda. Perbedaan mendasar sebenarnya ada pada sistem reproduksi, sama dengan bagian tubuh lainnya sistem reproduksi juga mengalami masalah kesehatan.

Banyak sekali penyakit-penyakit yang bisa diderita oleh wanita dan laki-laki, meski sedikit namun ada beberapa penyakit yang hanya bisa diderita oleh laki-laki atau perempuan saja.

Setidaknya ini 5 penyakit yang hanya bisa diderita para laki-laki

BPH

BPH adalah kepanjangan dari Benigna Prostat Hyperplasia, agar memudahkan kia memahami mari terjemahkan kata-kata itu. Benigna adalah tumor jinak (tumor ganas disebut maligna). Prostat adalah sistem reproduksi laki-laki yang berfungsi menampung sperma. Hyperplasia adalah peningkatan jumlah sel yang tidak diinginkan pada tempat tertentu.

BPH bisa dikatakan adalah tumor jinak yang terjadi pada prostat karena terjadi penambahan sel yang tidak diinginkan. BPH akan banyak dialami oleh mereka yang berumur 50 tahunan, namun tetap saja tidak ada jaminan untuk mereka yang lebih muda. Penyebabnya pun belum pasti namun ditengarai karena adanya perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan.

Gejala yang bisa dilihat adalah kencing keluar sedikit-sedikit, kencingnya lama keluar dan merasa kencingnya tidak tuntas. Ini terjadi karena pembesaran prostat menekan saluran pembuangan air kencing, sehingga terjadi penyempitan pada saluran tersebut.

Ca Testis

Kanker testis adalah jenis kanker yang menyerang organ reproduksi pada laki-laki yaitu testis, yang memiliki fungsi memproduksi sperma dan hormon testosteron (hormon pada laki-laki). Meski cukup langka atau jarang terjadi, kaum adam harus tetap waspada dengan jenis kanker ini, diketahui bahwa kanker testis sendiri bisa terjadi pada usia 15-49 tahun.

Kalau bingung dengan kata testis, sebut saja buah zakar. Pada laki-laki yang mengalami kanker testis akan merasa adanya benjolan pada testis, bisa diikuti dengan nyeri, bisa juga tidak. Adanya pembengkakan pada testis bukan penanda utama terjadinya kanker, namun jika itu terjadi harus waspada dan memeriksakan diri untuk memastikan. Kalaupun terjadi kanker, penangan dini akan sangat menentukan keberhasilan pengobatan.

Hernia Scrotalis

Hernia adalah penyakit yang terjadi ketika sebuah organ dalam tubuh menonjol keluar melalui bagian lemah dari tubuh, dalam bahasa masyarakat awam disebut sebagai turun berok.

Hernia sebenarnya juga bisa terjadi pada wanita, namun hernia memilki banyak jenis. Salah satunya adalah hernia scrotalis, atau hernia yang terjadi di skrotum. Skrotum adalah kantong kulit yang membungkus dan menahan testis (buah zakar), karena testis hanya dimiliki oleh laki-laki, maka hernia scrotalis hanya bisa terjadi pada laki-laki.

Hernia terjadi akibat beberapa hal seperti konstipasi (kesulitan buang air besar) sehingga mengejan berlebihan, mengangkat beban berat atau aktivitas yang berat, bisa juga karena kelebihan berat badan, penumpukan cairan dalam perut dan batuk berkepanjangan.

Disfungsi Ereksi

Istilah yang sering kita dengar adalah impoten, disfungsi ereksi adalah keadaan dimana seorang laki-laki tidak bisa mencapai ereksi atau mempertahankan ereksi. Ereksi sendiri adalah tegang dan kerasnya penis (alat kelamin laki-laki) pada waktu-waktu tertentu.

Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi

Pada beberapa kasus, terdapat laki-laki yang tidak penisnya tidak bisa “berdiri”, itulah yang disebut disfungsi ereksi. Ereksi sering dikaitkan dengan kejantanan seorang laki-laki, hingga ada kalimat yang bilang bahwa laki-laki yang tidak bisa ereksi bukanlah laki-laki seutuhnya.

Tidak bisa ereksinya penis bisa saja terjadi kepada siapa saja, namun belum tentu dikatakan ereksi karena bisa dipengaruhi banyak hal termasuk keadaan fisik seseorang. Namun, jika merujuk pengertian disfungsi ereksi menurut World Health Organisasition (WHO) yaitu gangguan ereksi yang dialami minimal 3 bulan, berarti masalah ereksi yang dialami kurang dari 3 bulan belum bisa dikategorikan sebagai disfungsi ereksi.

Beberapa penyebabnya antara lain, kelainan pembuluh darah untuk diketahui penis terdiri dari otot dan pembuluh darah (tidak ada tulang) yang hanya bisa mengeras ketika dialiri darah, maka ketika terjadi kelainan pembuluh darah kemungkinan terjadi disfungsi ereksi. Selain itu bisa juga terjadi kerena masalah fisik, masaah psikis, obat-obatan, rokok ataupun kelainan fisik pada penis.

Baca juga : 5 Penyakit yang hanya bisa dialami wanita

Ulales halas

Penyakit terakhir yang hanya bisa diderita pria ini, bukanlah masaah fisik seperti 4 contoh di atas, bahkan ulales halas bukanlah bahasa medis ataupun yunani. Ulales halas hanya kata yang dibalik dari selalu salah.

Entah sejak kapan, ketika terjadi perdebatan antara laki-laki dan wanita yang tidak bisa mencapai mufakat, ujung-ujungnya pihak laki-laki yang harus menanggung kesalahan. Bahkan ketika jelas-jelas pihak wanita itu salah, selalu saja ada cara untuk menimpakan kesalahan kepada pihak laki-laki.

ini tidak ada hubungannya dengan bertambahnya sel secara tidak terkendali atau kelainan pada pembuluh darah. Ini terjadi secara ajaib kemudian tergeneralisasi ke semua kalangan dan umur, mungkin karena perempuan adalah mahluk yang lembut dan laki-laki adalah mahluk yang suka menjaga kelembutan. Jadi daripada merusak kelembutan mending dicap SALAH.

Untuk laki-laki di luar sana yang pernah mengalaminya, I FEEL YOU BRO!

*Tulisan ini diikutkan dalam #tantangan5 kelaskepo.org

 

 

10 comments on “5 Penyakit Ini Hanya Bisa Diderita Oleh Laki-Laki”

  1. Ardian says:

    Hahaha dialami hampir oleh semua laki-laki daeng

  2. tari says:

    hahaha poin 5 termasuk penyakit yah? saya kira memang ketentuan kehidupan hahaha

    1. Ardian says:

      Deh ketentuan bede

    2. Ardian says:

      De ketentuaaan bede

    3. Ardian Adhiwijaya says:

      deh ketentuan hidup bede

  3. Ardian says:

    Hihihi err banget yah daeng

  4. Nur Al Marwah Asrul says:

    hwahahah poin kelima yang paling parah kayaknya hahahha..

    1. Ardian Adhiwijaya says:

      parah dan harus pasrah

  5. Ardian Adhiwijaya says:

    errr banget yah daeng

Leave a Reply

%d bloggers like this: