Ada Go-Box di Makassar

Pernah rasakan pindahan rumah? Saya pernah, 7 kali malah. Saya pernah menulis tentang pengalaman itu dengan judul Nomaden Manusia modern, namun saya tidak menceritakan bagaimana repotnya pindahan.

Gara-gara Go-Box hadir di Makassar, saya kepikiran untuk membagi cerita tentang repotnya pindahan rumah. Kerepotan tentu saja karena memindahkan barang membutuhkan energi, waktu dan alat untuk memindahkannya.

Pindahan rumah tidaklah seserdehana kelihatannya, pindah berarti meninggalkan. Meninggalkan segala kenangan yang pernah terjadi di rumah sebelumnya, meninggalkan segala cerita yang terukir, dan selalu saja ada hal berat yang dirasakan saat pindah rumah. Berat karena akan memulai dari awal, berat karena ada banyak lemari, kasur, sofa, yang harus diangkat. Huuu

Aah saya masih ingat repotnya negosiasi dengan pemilik kendaraan untuk sewa pick-up di Makassar, kita hanya bisa meraba tarif yang akan dikenakan karena tidak ada tarif standar. Seingat saya saat itu. untuk menggunakan mobil pick-up kita harus menyewanya untuk minimal 2 jam pemakaian, dengan tarif 50.000 rupiah/jam belum lagi fee untuk supirnya yang juga 50.000 rupiah/jam. Hitungan kasarnya berarti biaya yang dibutuhkan sekira 200.000 rupiah.

Kalaupun tidak ingin menggunakan jasa supir juga boleh, istilahnya lepas kunci. Dengan syarat tanggung semua resikonya, jika lewat dari waktu yang disepakati akan dikenakan charge 25.000 rupiah/jam. Harus tanggung bensin sendiri, dan bensin yang diberikan hanya satu garis mungkin juga kurang.

Go-Box Hadir di Makassar

Go-Box Hadir di Makassar

Sayang sekali Go-Box di Makassar baru ada sekarang ini, dan saya baru tahu itu ketika mengikuti acara Go-Box Meet Makassar Blogger yang diadakan oleh PT. Go-Jek Indonesia di Toast Café pada Minggu 29 Januari 2017. Padahal Go-Box di Makassar sudah ada sejak 4 bulan lalu, atau tepatnya bulan oktober 2016. Seandainya Go-Box ada di tahun 2008 ketika saya pindah untuk pertama kalinya, mungkin saya tidak perlu lagi repot-repot negosiasi dengan pemilik pick-up.

Dari penjelasan Mbak Veny selaku Brand Activation Manager Bussines Unit Go-Box dan Go-Send di Makassar yang tergabung dalam Go-Jek Logistic, tarif untuk menggunakan Go-Box sangat transparan. Sama seperti fasilitas Go-Jek lainnya, semisal Go-Ride, Go-Car, Go-Food, di Go-Box akan langsung tertera tarif yang dikenakan sesuai dengan pilihan armada dan jarak tempuh. Jadi sebelum booking, kita sudah bisa tahu berapa biaya yang diperlukan.

Armadanya pun ada beberapa macam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kantong. Selain itu kita tidak perlu lagi ke luar rumah mencari pangkalan pick up, karena semua bisa dilakukan dari smartphone, dunia sudah ada di genggaman kawan. Ini piihan armadanya :

Armada Go-Box

Armada Go-Box

  • Pickup Bak, armada ini bisa menampung barang dengan dimensi 200 x 130 x 120, dengan maksimal berat 1000 Kg. Kalau untuk mahasiswa barangnya tidak terlalu banyak, armada ini cocoklah. Harganya pun cukup terjangkau hanya Rp. 7500/Km dengan tarif minumun Rp. 127.000
  • Pickup Box, tarifnya sama dengan pickup bak (Rp. 7500/Km), daya tampung maksimun 1000 Kg tapi dengan dimensi yang lebih luas sedikit (200 x 130 x 130) dan tertutup, dengan tarif minimun Rp. 182.000. Barang-barang yang diangkut lebih aman dari debu, hujan dan fitnah, loh?
  • Truk Engkel Bus, kalau misalnya barang yang diangkut lumayan besar dan berat bisa menggunakan armada ini. Truk ini bisa mengangkut beban maksimal hingga 2000 Kg, dengan dimensi 300 x 160 x 130. Tarif per Km Rp. 9000 dengan tarif minimun Rp. 277.000.
  • Truk Engkel Box, armada ini adalah hasil gabungan dari pickup box dan engkel bak, namun dengan dimensi yang lebih luas yaitu 300 x 160 x 160 dengan beban maksimal 2000 Kg. Armada ini cocok dipakai event organiser, wedding organiser untuk loading barang-barang yang banyak. Tarif minimum Rp. 297.000 dan Rp. 9.500 untuk per Km selanjutnya.

Tarif minimun (untuk 5 Km pertama) yang dikenakan juga sudah termasuk pembayaran tol, biaya parkir, biaya loading dan unloading oleh driver. Kalau butuh jasa angkut tambahan, misalnya karena barangnya sangat banyak Go-Box juga punya shipper (istilah kerennya kernet), kita tinggal request saja extra features di aplikasi (biaya Rp. 50.000/shipper). Kita sisa duduk manis, minum teh dan voila pindahan pun beres.

Driver Go-Box tetap akan membantu kita mengangkat barang, namun dalam batas wajar. Jika barangnya banyak dan berat-berat sebaiknya memakai jasa shipper, karena driver Go-Box adalah mitra kita.

Order Go-Box juga bisa sistem booking untuk penggunaan maksimal 24 jam ke depan, jadi bisa order hari ini untuk dipakai besok. Kalau-kalau takut kehabisan driver kan, jadi sisa mengatur waktu penjemputan di aplikasi. Eits tunggu dulu masih banyak hal yang ditawarkan Go-Box.

Mulai dari video hingga slide presentation Mbak Veny menjelaskan segala hal yang perlu kami ketahui tentang Go-Box, saya memperhatikan sambil makan dengan seksama. Saya berdecak kagum sambil mengunyah bakara’ (sukun goreng) dengan inovasi Go-Box ini. Salah satunya adalah ada asuransinya.

Cukup membayar premi 2.000 rupiah untuk asuransi hingga 10 juta rupiah, ada pilihan juga untuk besaran premi dan lingkup asuransi yang diinginkan hingga 500 juta rupiah. Oh iya asuransi Go-Box kerja sama dengan Tokio Marine, kelompok perusahaan asuransi tertua di Jepang yang berdiri sejak 1879. Di Indonesia Tokio Marine sudah dapat ijin dari Menteri Keuangan Republik Indonesia pada tanggal 29 Oktober 2012.

Mulut saya masih mengunyah, namun kali ini ubi goreng yang memenuhi mulut. Mbak Veny melanjutkan penjelasan tentang Go-Box. 15 titik, samar terdengar suara Mbak Veny gara-gara sibuk mengunyah. Saya kemudian bertanya kepada teman di samping saya, 15 titik itu maksudnya apa? Setelah dijelaskan saya pun mengakui inilah layanan Go-Box yang paling hebat.

Go-Box di Makassar bisa menjadi solusi online shop atau UKM, karena sekali order bisa untuk 15 titik pengantaran. Keren ki toh? Biaya? Yah tetap berhitung jenis armada dan jarak tempuh, cukup klik next destination di aplikasi, anda sudah bisa menentukan titik-titik mana saja yang akan dilakukan pengantaran. Di aplikasi juga kita bisa tracking (melacak) keberadaan driver, jadi bisa tahu driver sudah mengantarkan barang atau belum.

Kalau online shop atau UKM, pakai Go-box antar barang, sekali antar bisa menjangkau 15 pelanggan. Bisnis lancar, pelanggan puas, om senang. Eh.

Selain Mbak Veny, ada Pak Salam yang juga bercerita sore itu. Pak Salam adalah salah satu driver Go-Box di Makassar, ia bercerita tentang pengalaman selama menjadi driver Go-Box. Namun saya lebih tertarik memerhatikan pakaian yang ia kenakan.

Pak Salam memakai rompi kuning cerah, di rompi itu tertera nama driver di sebelah kanan dan logo Go-Box di sebelah kiri. Pak Salam juga menggunakan topi kuning dengan tulisan GO-Box. Celana panjang coklat lengkap dengan sepatu kets, kata Mbak Veny beginilah seragam standar driver Go-Box (rompi, topi, celana panjang dan sepatu). Keren lah.

Go-Box bukan hanya solusi pindahan mudah, tapi juga bisa jadi mitra kerja Event Organizer (EO). Untuk EO, bisa kerja sama dengan Go-Box untuk loading barang untuk event yang diselenggarakan, layanan khusus ini disebut Go-Box Pro For Events, bisa lebih praktis dan mudah tentu saja dengan tarif bersahabat.

Ada Voucher diskon 20% untuk Go-Box di Makassar selama bulan Februari ini, cukup masukkan kode voucher PINDAHANKA, mumpung ada diskon yuk di order sist.

Go-Box Meet Blogger

Go-Box Meet Blogger

Meski sudah 7 kali pindah rumah, saya bisa pastikan masih akan berpindah lagi. Maklumlah yah, rumah sekarang masih kontrakan. Saat waktunya pindahan tiba, saya sudah tahu akan menggunakan apa saat pindahan. kan sudah ada GO-Box di Makassar.

GO-BOX FOR YOUR BIGGER NEEDS

***

Rekap acara Go-Box Meet Makassar Blogger dan cara order Go-Box

19 comments on “Ada Go-Box di Makassar”

  1. Ifah says:

    Saya juga baru awal tahun lalu pindahan dan saat itu belum ada go box 🙁
    Sempat cari di app gojek tapi ternyata cuma untuk daerah jabotabek.

    1. Ardian says:

      Go-Box di Makassar launching oktober 2016.
      atau cobami pindahan lagi dan order go-box

  2. Evhy says:

    Liat videonya kenapa focus goodie bag nya.. #eh

    Btw, nice info kak iyann. Pindahan nanti tidak perlu rempong. Oh iya, nda terlalu saya baca tadi diatas. Klo pindahan yang angkat-angkat barang dibantu supirnya atau kita sendiri?

    1. Ardian says:

      dibantu juga, namun sewajarnya. kalau barangnya banyak disarankan ambil shipper
      karena di Go-Box driver itu mitra, seperti itu kira-kira.

  3. beceq4ever says:

    Jadi tau hal baru kalau Go-Box memiliki banyak keunggulan. Apalagi kostum Driver nya serba kuning Sy suka.

    1. Ardian says:

      lah ini salah fokus,
      jangan2 desain seragamnya dari sini nih.

  4. Nunu says:

    Event kemarin banyak makanan ya 🙁 huu sedihnya gk sempat hadir 🙁

    1. Ardian says:

      Beh nunu, nda berhentiki mengunyah, ANTEBAS harusnya hadir.

  5. Tari Artika says:

    Memindahkan perasaan dari satu orang ke orang yg lain boleh gak sih? *ditabok

    1. Ardian says:

      serah-serah lu aja Tari, yang penting mubayarji drivernya

  6. Abby Onety says:

    Waahh… lengkap sekali riveuwx iyan. Mantap GO-BOX, Mantap iya

    1. Ardian says:

      iye kak, Go-Box mantap, tulisanta juga lengkap infonya

  7. Zul says:

    ah ini bagus kalau mau pindahan, praktis

    1. Ardian says:

      praktis dan taktis, eh ngomong apa yah?

  8. yusbar says:

    NICE INFO pak.

  9. anti says:

    Vouchernya masih berlaku kan yah?

    1. Ardian says:

      iya hingga akhir februari, buruan, bulan depan harga naik.

  10. lelakibugis.net says:

    saya bisa Go-Box kan meja lesahan di ruang tamumu?

Leave a Reply

%d bloggers like this: