TIPS : Judul Skripsi Langsung ACC

 

Mau langsung Acc judul yang sodorkan kepada pembimbing? Ada sedikit tips dan trik yang bisa digunakan agar bisa mendapat ACC judul yang diajukan. Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dengan dosen pembimbing juga beberapa cerita dari teman-teman dosen. Jangan salahkan saya jika pada beberapa dosen tidak terjadi demikian, tapi namanya juga usaha, kan tidak salah?

Caranya cukup mudah hanya menjawab pertanyaan di bawah ini?

“Kenapa ingin meneliti judul ini?”

Pertanyaan itu singkat tapi memiliki makna yang sangat banyak, jika kalian sudah TAMAT dari pertanyaan itu, kemungkinan untuk ACC akan lebih besar peluangnya. Pertanyaan itu secara tidak langsung menanyakan tentang latar belakang penelitian yang akan dilakukan, jika kalian bisa memberikan alasan dan dasar atas judul yang diajukan, pembimbing akan merasa kalian mampu dan punya modal yang baik untuk melakukan penelitian itu.

Tentu saja dasar-dasar yang dikemukakan tidak boleh ngasal, harus berdasarkan fakta, fenomena atau teori yang ada. Bisa berasal dari kejadian2 yang ada di tempat penelitian, jurnal atau penelitian terdahulu ataupun buku-buku tentang topik penelitian kita.

Misal saja ada yang ingin meneliti dengan judul “Hubungan antara lingkungan dengan kejadian DBD di wilayah Puskesmas XY” Akan aneh jadinya jika ternyata tidak pernah ada kejadian DBD di wilayah puskesmas XY, apa yang mau diteliti? Terus kenapa harus dihubungkan dengan lingkungan? Jika kedua pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab maka judul yang anda ajukan lemah, kalaupun mendapat ACC bakal kesulitan membuat latar belakang penelitian.

Beda jika, dengan judul yang sama dan memiliki alasan seperti berikut :

Kenapa meneliti DBD di puskesmas XY? Ternyata menurut data yang ada mulai bulan Oktober hingga Desember tahun 2016, terdapat 3-5 kejadian DBD di wilayah puskesmas XY, bahkan pada bulan oktober hingga desember 2016, ada 5 orang warga meninggal karena menderita DBD.

Kenapa menghubungkannya dengan lingkungan? Segitiga epidemiologi menyatakan bahwa ada 3 faktor yang menyebabkan suatu penyakit bisa terjadi yaitu Host (penjamu), Agent (penyebab) dan Environment (lingkungan).

Penyakit DBD terjadi karena adanya Agent dalam hal ini nyamuk yang menjangkiti Manusia (HOST), nyamuk sebagai agent ini bisa hidup jika didukung oleh lingkungan yang tepat yaitu air, genangan air atau wadah yang bisa ditempati nyamuk untuk berkembang biak. Atas dasar penelitian ini focus untuk mengetahui apakah kejadian DBD di wilayah Puskesmas XY ada hubungannya dengan lingkungan?

Nah, contoh di atas memperlihatkan 2 alasan kenapa mengangkat judul tersebut ; Pertama, karena ada fenomena atau kejadian yang aktual di sebuah wilayah, yaitu kejadian DBD yang terjadi di tahun 2016; Kedua, ada teori yang secara langsung menyatakan bahwa lingkungan memiliki hubungan terjadinya DBD, sisa ingin melihat apakah benar lingkungan yang menyebabkan DBD terjadi pada Wilayah Puskesmas tersebut.

Memang akan dibutuhkan sedikit usaha, riset, membaca buku ataupun mencari jurnal. Namun jika memiliki dasar yang kuat seperti itu dalam mengajukan judul, maka dengan mudah kita bisa menyusun Bab 1 segera setelah judul yang diajukan ACC.

Maka lihat kembali judul yang ingin kalian ajukan, tanya kepada sendiri “kenapa ingin meneliti judul ini”?

Semoga kalian yang sementara mengajukan judul penelitian bisa segera ACC, karena kata ACC bisa lebih membahagiakan dibanding kata sayang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: