Tahun ke-3 BMW CCI Makassar Chapter

Awalnya saya berpikir komunitas/club mobil-mobil hanya wadah berkumpul pecinta mobil untuk sekadar bersenang-senang, hura-hura, menghabiskan akhir pekan untuk nongkrong di cafe. Setidaknya itu yang saya pikirkan tentang mereka, pikiran ini muncul bisa saja karena saya tidak mengenal mereka secara personal. Namun semua pikiran itu berubah saat negara api menyerang, eh?

Sayapun akhirnya mengenal salah satu club mobil yang ada di Makassar, bukan karena saya punya mobil atau hobi yang sama dengan mereka, sebuah kebetulan istri saya bergabung di salah satu club mobil yang ada di Makassar yaitu BMW Cars Club Indonesia Makassar Chapter.  Bahkan BMW CCI Makassar lebih duluan akrab dengan istri saya dibanding saya.

Awal pertemuan dengan club BMW CCI Makassar, saat saya menemani calon istri menghadiri undangan ketua umum club itu, undangan itu sekadar untuk silaturahmi antar sesama anggota. Meski baru pertama kali bertemu dengan mereka, saya disambut baik oleh member yang ada. Selain ditanya pertanyaan umum tentang hubungan saya dengan calon istri saat itu, sayapun selalu diajak dalam obrolan mereka, meski saya tidak terlalu paham dengan topik pembahasan mereka, terutama jika obrolannya tentang mobil.

Pertemuan kedua dengan mereka terjadi sekira seminggu setelahnya, di sebuah cafe baru yang ada di Jalan Hertasning. Ternyata pertemuan tersebut bukan hanya sekadar nonkgrong, tapi sekalian untuk rapat kecil membicarakan tentang hari Bimmers MayDay. Setelah ikut dalam obrolan mereka, saya jadi tahu Bimmers MayDay adalah hari perayaan ulang tahun club mobil ini. Tanggal 4 Mei tepatnya.

Meski saya bukan sebagai member, tapi mereka sangat terbuka dalam menerima saran yang sempat saya lontarkan untuk pemantapan kegiatan. Setelah berembuk dan mempertimbangkan beberapa pilihan, mereka sepakat untuk rangkaian acara tersebut akan mengadakan Touring Goes To Rappang.

Pertemuan saat itu dimanfaatkan oleh calon istri saya untuk membagikan undangan kepada mereka, salah satu alasan kenapa touring ini bertajuk “Goes To Rappang”. Rappang adalah kampung kelahiran saya, tempat saya akan mengadakan resepsi pada tanggal 30 april. Para member BMW CCI Makassar akhirnya sepakat mereka touring ke Rappang sekalian mapparola (mengantar pengantin).

 

Yah meski memang mereka melakukan itu karena calon istri saya sebagai salah satu member, saya merasa terhormat mereka ingin datang dan mengantar pengantin sampai ke kampung saya. Total 12 unit mobil BMW melakukan touring ke Rappang. Lumayan banyak sebagai ukuran pengantar pengantin, apalagi diantar menggunakan 12 unit mobil BMW. Saya merasa tersanjung. Terima kasih om-om biem.

Satu hal yang bisa saya tarik kesimpulan dari club BMW CCI Makassar ini, mereka membangun sebuah keluarga bukan sekadar club kumpul-kumpul. Keluarga yang terjalin atas kesamaan hobi, hobi pecinta otomotif khususnya mobil BMW. Kekeluargaan itu bisa terlihat dari bagaimana mereka bercengkrama, member lama, member baru, yang muda, yang tua, bahkan yang sudah sepuh berbaur tanpa batas yang kaku. Penasehat, ketua, sekjen hanya sebagai label untuk pengurusan club, namun di luar itu semua mereka adalah keluarga.

Kekeluargaan itupun mereka rayakan dalam puncak kegiatan Bimmers MayDay di Astra BMW jalan pettarani Minggu 14 mei 2017 kemarin. The 3rd Anniversary BMW Cars Clubs Indonesia Makassar Chapter, begitu tulisan spanduk yang terpasang di salah satu sudut di lokasi perayaan. Om Rudy ketua sebelumnya, menjelaskan bahwa sebenarnya umur dari club ini sudah 7 tahun, namun baru 3 tahun terakhir tercatat resmi sebagai bagian dari BMW Cars Club Indonesia (BMW CCI). Tidak mudah untuk menjadi bagian dari BMW CCI, selain karena beberapa syarat yang harus dipenuhi club ini berskala internasional. BMW CCI sendiri dinaungi oleh BMW Clubs Asia, dengan pusat club dinaungi ioleh BMW Club International Council yang ada di Jerman.

Seperti lazimnya perayaan ulang tahun, pada acara tersebut juga dilakukan pemotongn tumpeng sebagai tanda syukur dan kue ulang tahun. Selain dihadiri oleh member BMW CCI Makassar, acara itu juga dihadiri oleh beberapa club otomotif yang ada di Makassar. Kalau saya tidak salah ingat, beberapa club yang hadir itu Pajero Sport Family, Sulawesi Fortuner Brotherhood, Celebes Car Community, Cityzen, Komunitas Captiva Indonesia, Toyota Yaris Club Indonesia dan Datsun Owner Club. Kehadiran mereka membuat saya yakin, bahwa BMW CCI Makassar ini menjalin hubungan baik dengan sesame club otomotif yang ada di Makassar.

Acara yang berlangsung hingga pukul 16.00 itu terjadi tidak selesai sampai di pemotongan kue dan makan bersama, ternyata masih ada satu kegiatan yang akan dilakukan. Saya salut ketika kemudian mengetahui bahwa kegiatan selanjutnya adalah memberikan sumbangan berupa sembako kepada salah satu panti asuhan yang ada di Makassar. Sembako yang dibeli setelah para member patungan di lokasi acara anniversary, sebuah kegiatan yang sangat positif.

Melalui tulisan ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada BMW CCI Makassar untuk anniversary yang ketiga, semoga makin solid di kemudian hari, mekin banyak kegiatan sosial, tidak sabar untuk melakukan touring selanjutnya. Dari diri pribadi, saya sangat senang mengenal BMW CCI Makassar dan terima kasih telah menjaga calon istri saya selama ini. Hehe.

Leave a Reply

%d bloggers like this: