Ragam Batik Nusantara di Karebosi Junction

Batik di Karebosi Junction

Batik di Karebosi Junction

Bulan November kemarin adalah bulan paling sibuk bagi saya, bukan karena kerjaan yang numpuk atau tugas kantor yang bejibun, tapi karena 3 (tiga) teman dekat menikah di bulan itu. Kebiasaan ketika ada teman dekat yang menikah, seragam adalah hal wajib yang harus disiapkan. Jadilah kami disibukkan menyiapkan 3 (tiga) seragam berbeda untuk pernikahan teman. Bukan karena sok nasional, seragam yang kami bikin selalu berbahan dasar batik.

Hendra, salah satu teman yang selalu dipercayakan memilih kain batik yang akan dijadikan seragam. Mungkin karena sebelum-sebelumnya ia selalu memilih motif batik yang cocok, meski ia harus memesan kainnya langsung dari Jogja.

“Kualitas, banyak pilihan, motif yang bagus serta harga yang terjangkau” kata Hendra ketika ditanya kenapa harus pesan kain jauh-jauh dari Jogja.

***

Informasi tentang Festival Batik dan Tenun Nusantara saya dapatkan dari grup percakapan, menurut informasinya berlangsung di Karebosi Junction. Setelah membaca pesan bahwa di Karebosi Junction sedang ada banyak batik dari beberapa daerah di Indonesia, saya langsung teringat ke teman saya.

“Hendra harus tahu festival ini” pikir saya.

Belum sempat mengabari Hendra karena lupa, eh justru saya duluan berkunjung ke Karebosi Junction. Penasaran apa yang dimaksud dengan festival batik dan tenun. Saya bersama istri saat itu, yang kebetulan tidak terlalu tahu tentang Karebosi Junction, tahunya Karebosi Link. Mungkin juga beberapa orang belum tahu tentang Karebosi Junction.

Karebosi Junction kalau boleh saya bilang adalah kaki yang menopang megahnya Karebosi Condotel, terletak di lantai 2, 3, 4, 5 dan 6. Merupakan Mall Life Style yang terhubung langsung dengan SPM MTC, itu loh sarana penyeberangan yang menghubungkan 2 (dua) Mall lainnya yaitu MTC Karebosi dan Karebosi Link. Jadi kalau jalan ke Karebosi Junction bisa sekalian mengunjungi 2 (dua) mall lainnya. Ibarat peribahasa sekali merengkuh dayuh, 2-3 Mall terlampaui.

Shuttle Bus Karebosi, Gratisss

Shuttle Bus Karebosi, Gratisss

Untuk masuk dalam Karebosi Junction kalian bisa lewat pintu depan Karebosi Condotel atau memarkir kendaraan di MTC Karebosi, sama saja toh bisa lewat SPM nantinya. atau alternatif lain jika tidak ingin repot menunggu lift atau berjalan kaki, bisa menunggu shuttle bus yang sudah disiapkan, diantar langsung ke pintu Karebosi Junction, gratis pula.

Nah di Karebosi Junction inilah terlaksana festival batik dan tenun nusantara, begitu sampai di lantai 2 mata akan dimanjakan dengan motif batik yang beragam. Menurut mas yang saya tanya katanya ada sekira 17 outlet batik dan tenun saat ini. Outlet-outlet tersebut adalah produsen batik yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Ada batik dari Jogjakarta, pekalongan, Solo, Cirebon, Jepara dan salah satu outlet yang berasal dari Sulawesi Selatan, yaitu kain tenun khas Sengkang.

Tenun dari Sengkang ini adalah hasil dari kerajinan tangan Ibu-Ibu yang ada disana, yang tergabung dalam UKM Mutiara. Menurut Ibu Anti penjaga outlet Mutiara Sengkang, adanya Karebosi Junction dan Festival batik dan tenun sangat membantu mereka sebagai UKM untuk memasarkan produk, selain itu agar masyarakat Makassar pada khususnya tahu kalau hasil tenunan dari kampung sendiri tidak kalah dengan hasil tenun dari daerah lain, tentu saja dengan masing-masing keunikannya.

outlet tenun dari Sengkang

outlet tenun dari Sengkang

Mbak penjaga outlet Wida Florist dari Jogja mengatakan bahwa jualan mereka bukan hanya baju atau batik, karena konsep mereka adalah Wiru batik and Craft, sehingga ada beberapa barang berupa tas, dompet, pernak-pernik yang berbahan dasar batik atau masih memiliki penciri batik. Menurutnya hasil-hasil kerajinan batik ini juga diekspor ke beberapa negara tetangga, misal Singapore dan Malaysia. Jadi kalau warga Makassar juga mau belanja baju batik dan kerajinan dari Wida Florist silahkan datang ke Karebosi Junction.

Sepanjang pengamatan saya Karebosi Junction ini bisa disebut pusat perbelanjaan Batik di Makassar, selain karena banyaknya outlet yang menjual batik dan tenun, juga berbagai macam batik dan tenun yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia sehingga membuat pengunjung bisa puas memilih warna, motif yang sesuai. Sesuai dengan kantong tentunya.

Tenang saja, banyaknya pilihan di Karebosi Junction ini membuat kita bisa menyesuaikan pilihan dengan budget yang kita punya. Selain baju jadi, ada banyak kain yang siap olah juga dengan kisaran harga yang berbeda. mulai dari 100 ribu, 200 ribu hingga jutaan. Bahkan saya membaca liputan Tribun Timur yang ditempel di lift MTC Karebosi, salah satu outlet bahkan punya batik yang harganya 11 juta. Wow!

Selain menjadikan Karebosi Junction sebagai pusat perbelanjaan Batik di Makassar, adanya acara ini sangat membantu UKM dalam memasarkan produk dan memberi citra yang baik untuk batik nusantara. Bukankah lebih baik kita menggunakan produk lokal?

Interaksi pengunjung dan pembeli di Karebosi Junction

Interaksi pengunjung dan pembeli di Karebosi Junction

Sepulang dari Karebosi Junction, saya pun langsung mengirimkan pesan kepada Hendra, mengabarkan bahwa di sana ada festival batik dan tenun. Terima kasih kata Hendra informasinya, kebetulan memang ia lagi ingin membeli kain batik jadi tidak perlu lagi pesan jauh-jauh, karena Karebosi Junction tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Hendra.

Jadi bagi yang ingin shoping kain batik atau tenun, atau hasil kerajinan berbahan batik. Datang langsung ke Karebosi Junction, saya yakin pasti akan mendapatkan pilihan yang sesuai di sana. Selain titu, kalin bisa memesan dan ukur langsung seragam, couple, dan keluarga di sana. Jangan lupa festival batik dan tenun ini berlangsung dari tanggal 1 -25 Desember 2017.

Leave a Reply

%d bloggers like this: